Kamis, 22 Januari 2009

Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (4): Sistem Manajemen Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (4): Sistem Manajemen Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, unsur ke 3 (tiga) adalah seperangkat (alat) yang digunakan digunakan untuk menjamin mutu. Alat ini merupakan sebuah sistem manajemen. Banyak sistem manajemen, namun sistem manajemen yang bisa digunakan untuk menjamin proses produk tidaklah banyak. Sistem Manajemen Mutu (SMM) berbasis ISO 9000, salah satunya. SMM ISO 9000, ini merupakan sistem manajemen berbasis proses (by process). Artinya, untuk menghasilkan produk yang baik sesuai dengan produk yang direncanakan, maka proses awal sampai akhir juga harus bermutu baik. Sistem manajemen ini pada pencegahan proses penyimpangan, sehingga sejak proses awal sudah harus baik. Fokus sistem manajemen ini, menekankan kepada kepuasan pelanggan (mahasiswa dan pihak pengguna jasa lainnya). Ada juga sistem manajemen mutu yang berbasis pada hasil (by result). Sistem manajemen ini, titik tekannya pada pengukuran hasilnya. Tidak memandang bahwa proses bukan hal yang penting namun hasil itulah hal yang utama. Sistem manajemen ini lebih mengede-pankan pencapaian hasil yang maksimal sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi atau akreditasi.Sistem manajemen mutu yang berbasis pada hasil ini misalnya Malcom Balgride, Deming Award, dsb. Sistem yang demikian ini, lebih tepat digunakan oleh perguruan tinggi yang sistem manajemennya telah tertata dan sistem dokumentasinya sudah baik. Adapun sistem manajemen mutu berbasis proses ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi yang tata kelola baik sistem manajemennya maupun dokumentasinya belum tertata baik. Karena perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya tata kelola manajemennya belum tertata baik, maka penggunaan sistem manajemen berbasis proses ini lebih baik. Sistem manajemen yang berbasis proses yang terkenal dan telah menjadi acuan di dunia internasional adalah ISO 9000:2000.

ISO 9000:2000 sebagai Alat Penjaminan Mutu

Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000, merupakan sistem manajemen yang mensyaratkan sebuah organisasi bermutu bila telah mengimplementasikan 5 (lima) standar ISO, yaitu : Tanggungjawab Manajemen, Pengelolaan Sumberdaya, Pengelolaan Proses, Pengelolaan Pengukuran dan Penilaian serta Sistem Terdokumentasi. Kelima standar ini disebut Klausul-klausul ISO 9000:2000. Adanya standar ini maka perguruan tinggi dapat dinilai apakah proses penyelenggaraannya telah dilakukan secara efektif dan efisien ataukah tidak.

Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000 ini, sistem yang menyinergikan semua kegiatan untuk mencapai tujuan perguruan tinggi, yang tercermin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan utama dari perguruan tinggi adalah pendidikan dan pengajaran. Kegiatan pendidikan dan pengajaran ini akan menghasilkan suatu produk pendidikan berupa seorang sarjana. Bagaimana agar proses yang diselenggarakan dapat menghasilan seorang sarjana yang memenuhi kebutuhan masyarakat? Oleh karena itu proses menghasilkan ini harus ada lembaga menjaminnya, dalam hal ini adalah unit penja-minan mutu. Alat yang digunakan untuk menjamin mutu proses adalah SMM ISO 9000:2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar